Sabtu, Januari 10, 2015

Pengertian dan tujuan mempelajari perilaku konsumen

PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN

Menurut John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.
Menurut LambHair dan Mc.Daniel menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan serta mengkonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, juga termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk.(Rangkuti,2002:91)
Menurut EngelBlackwell dan Miniard, menyatakan bahwa perilaku konsumen adalahtindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
Perilaku konsumen dapat disarikan dari semua definisi diatas sebagai studi tentang proses pengambilan keputusan oleh konsumen dalam memilih, membeli,memakai serta memanfaatkan produk,jasa,gagasan, atau pengalaman dalam rangka memuaskan kebutuhan dan hasrat konsumen.

BEBERAPA TUJUAN MEMPELAJARI PERILAKU KONSUMEN

1. Membuat produk yang dihasilkan dapat diterima oleh konsumen
Inilah hal yang terpenting untuk dilakukan oleh seorang pemasar atau pelaku bisnis yaitu bahwa semua produk yang ia hasilkan dapat di terima dipasar dan laku oleh konsumen. Dengan adanya hal ini maka hal ini akan menandakan bahwa apa yg ia lakukan didalam bisnis akan menghasilkan keberhasilan, dengan ini maka ia pun akan mendapatkan keuntungan atau laba yang besar.
2. Mendapatkan keloyalan dari konsumen kepada produk yang telah dibuat
Selain untuk membuat produk yang ada didalam pasar dapat diterima oleh pihak konsumen, tujuan lain dalam mempelajari perilaku konsumen bagi pemasar adalah untuk mendapatkan keloyalan dari pihak konsumen terhadap dirinya. Konsumen tak hanya akan memakai dan membeli barang yang telah ia produksi namun konsumen akan menjadi loyal terhadap barang tersebut. Dengan keloyalan ini, konsumen akan menjadi setia dan tak akan begitu mudah untuk beralih menggunakan produk yang lain. Selain itu, konsumen juga dapat untuk diposisikan sebagai agen pemasaran gratis kepada orang lain.

SUMBER :
http://www.bimbingan.org/tujuan-mempelajari-perilaku-konsumen-bagi-pemasar.htm
http://esty.staff.uns.ac.id/definisi-perilaku-konsumen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar